Dua Belas Golongan yang di Do'akan Malaikat - About BPHN
News Update :
Home » » Dua Belas Golongan yang di Do'akan Malaikat

Dua Belas Golongan yang di Do'akan Malaikat

Written By Unknown on Selasa, 26 Maret 2013 | 01.23

Pada hari qiamat nanti, para malaikat akan memberikan syafa‘at,
sebagaimana dijelaskan di dalam Sahih Muslim dan yg lainnya. Para
malaikat juga akan memberikan syafa‘at di dunia, yg mana mereka akanmemohonkan ampunan untuk semua orang Mukmin. Di dalam Al-Qur’andanAs-Sunnah, telah dijelaskan tentang dua golongan yaitu:pertama;golongan orang yg berbahagia, yakni mereka yg dido‘akan oleh paramalaikat, dan kedua; golongan orang yg sengsara, yaknimerekayang dilaknat oleh para malaikat.

Apakah ciri-ciri golongan yang dido‘akan oleh para malaikat?
1) Orang yang tidur dalam keadaan bersuci.
Rasulullah s.a.w. bersabda maksudnya : "Barangsiapa yang tidur dalamkeadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Diatidak akan bangun hingga malaikat berdoa "Ya Allah, ampunilah hamba-Musi fulan kerana tidur dalam keadaan suci"(Imam Ibnu Hibban meriwayatkan dari Abdullah bin Umar RA, hadis inidisahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Sahih At-Targhib wat TarhibI/37) 

2) Orang yang sedang duduk menunggu waktu shalat.
Rasulullah s.a.w. bersabda maksudnya: "Tidaklah salah seorang diantara kalian yang duduk menunggu sholat, selama dia berada dalamkeadaan suci, kecuali para malaikat akan mendoakannya:' Ya Allah,ampunilah dia. Ya Allah, sayangilah dia'."(Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah r.a., Sahih Muslim no. 469)

3) Orang-orang yg berada di shaf barisan depan ketika shalat berjamaah.
Rasulullah s.a.w. bersabda maksudnya : "Sesungguhnya Allah SWT dan paramalaikat-Nya bershalawat kepada (orang-orang) yang berada pada saf-safterdepan"(Imam Abu Dawud (dan Ibnu huzaimah) dari Barra' bin 'Azib RA, hadisini disahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Sahih Sunan Abi DawudI/130) 

4) Orang-orang yang menyambung saf pada shalat berjamaah (tidakmembiarkan sebuah kekosongan di dalam shaf).
Rasulullah s.a.w. bersabda maksudnya : "Sesungguhnya Allah SWT dan para
malaikat selalu bershalawat kepada orang-orang yang menyambung saf-saf"
(Hadis Riwayat Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban dan
Al-Hakim meriwayatkan dari Aisyah RA, hadis ini disahihkan oleh Syaikh
Al-Albani dalam Sahih At-Targhib wat Tarhib I/272)
 

5) Para malaikat mengucapkan 'Aamiiin' ketika seorang Imam selesai
membaca Al-Fatihah.

Rasulullah s.a.w. bersabda maksudnya : "Jika seorang Imam membaca'ghairil maghdhuubi 'alaihim waladh dhaalinn', maka ucapkanlah olehkalian 'aamiiin', kerana barangsiapa ucapannya itu bertepatan denganucapan malaikat, maka dia akan diampuni dosanya yang masa lalu"
(Imam Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah r.a., Sahih Bukhari no. 782)
 

6) Orang yang duduk di tempat solatnya setelah melakukan Shalat.
Rasulullah s.a.w. bersabda maksudnya : "Para malaikat akan selaluberselawat (berdo'a) kepada salah satu di antara kalian selama dia adadi dalam tempat sholat dimana dia melakukan sholat, selama dia belumbatal wudhu’nya, (para malaikat) berkata: 'Ya Allah, ampunilah dansayangilah dia' "(Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah r.a., Al-Musnad no. 8106,Syaikh Ahmad Syakir mensahihkan hadis ini) 

7) Orang-orang yg melakukan Sholat Subuh dan Ashar secara berjamaah.
Rasulullah s.a.w. bersabda maksudnya : "Para malaikat berkumpul padasaat shalat subuh lalu para malaikat (yang menyertai hamba) pada malamhari (yang sudah bertugas malam hari hingga subuh) naik (ke langit),dan malaikat pada siang hari tetap tinggal. Kemudian mereka berkumpul
lagi pada waktu salat ashar dan malaikat yang ditugaskan pada sianghari (hingga shalat ashar) naik (ke langit) sedangkan malaikat yangbertugas pada malam hari tetap tinggal, lalu Allah bertanya kepadamereka, 'Bagaimana kalian meninggalkan hamba-Ku?', mereka menjawab,'Kami datang sedangkan mereka sedang melakukan sholat dan kamitinggalkan mereka sedangkan mereka sedang melakukan sholat, makaampunilah mereka pada hari qiamat' "(Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah r.a., Al-Musnad no. 9140,hadis ini disahihkan oleh Syaikh Ahmad Syakir)
 

8) Orang yg mendo'akan saudaranya tanpa pengetahuan orang yang dido'akan.
Rasulullah s.a.w. bersabda maksudnya : "Do'a seorang Muslim untuksaudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang dido'akannyaadalah do'a yang akan diqabulkan. Pada kepalanya ada seorang malaikatyang menjadi wakil baginya, setiap kali dia berdo'a untuk saudaranyadengan sebuah kebaikan, maka malaikat tersebut berkata 'aamiiin' danengkau pun mendapatkan apa yang dia dapatkan'"(Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Ummud Darda' r.a., Sahih Muslim no. 2733) 

9) Orang-orang yang berinfaq.
Rasulullah s.a.w. bersabda maksudnya : "Tidak satu hari pun di manapagi harinya seorang hamba ada padanya kecuali dua malaikat turunkepadanya, salah satu di antara keduanya berkata, 'Ya Allah,
berikanlah ganti bagi orang yang berinfaq'. Dan lainnya berkata, 'YaAllah, hancurkanlah harta orang yang kedekut' "(Imam Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah r.a.,Sahih Bukhari no. 1442 dan Sahih Muslim no. 1010)
 

10) Orang yang sedang makan sahur.
Rasulullah s.a.w. bersabda maksudnya : "Sesungguhnya Allah dan paramalaikat-Nya berselawat (berdo'a) kepada orang-orang yang sedang makansahur"(Imam Ibnu Hibban dan Imam At-Thabrani, meriwayaatkan dari Abdullahbin Umar r.a., hadis ini disahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Sahih At-Targhiib wat Tarhiib I/519) 

11) Orang yang sedang menjenguk orang sakit.

Rasulullah s.a.w. bersabda maksudnya : "Tidaklah seorang mukminmenjenguk saudaranya kecuali Allah SWT akan mengutus 70,000 malaikatuntuknya yang akan berselawat kepadanya di waktu siang pada bila-bilamasa sahaja hingga petang dan di waktu malam pada bila-bila masa
sahaja hingga subuh"(Imam Ahmad meriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib k.w, Al-Musnad no.
754, Syaikh Ahmad Syakir berkata, "Sanadnya sahih")
 

12) Seseorang yg sedang mengajarkan kebaikan kepada orang lain.
Rasulullah s.a.w. bersabda maksudnya : "Keutamaan seorang alim atasseorang ahli ibadah bagaikan keutamaanku atas seorang yang palingrendah di antara kalian. Sesungguhnya penghuni langit dan bumi, bahkansemut yang di dalam lubangnya, dan bahkan ikan, semuanya bershalawatkepada orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain"(Diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dari Abu Umamah Al Bahily r.a.,disahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Kitab Sahih At-Tirmidzi II/343)

{Sumber: Syaikh Dr. Fadhl Ilahi, Orang-Orang yang Didoakan Malaikat,
Pustaka Ibnu Katsir, Bogor, Cetakan Pertama, Februari 2005}


MASJID NUR AL IHSAN BPHN



KEUTAMAAN SHALAT DHUHA


1.     Keutamaan, Manfaat, Rahasia Sholat Dhuha : Dari Abu Dzar, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, beliau bersabda: “Pada pagi hari setiap tulang (persendian) dari kalian akan dihitung sebagai sedekah. Maka setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, memerintahkan kebaikan (amar ma’ruf) dan melarang dari berbuat munkar (nahi munkar) adalah sedekah. Semua itu cukup dengan dua rakaat yang dilaksanakan di waktu Dhuha.”[HR. Muslim, Abu Dawud dan riwayat Bukhari dari Abu Hurairah]


2.     Dari Abu Hurairah, ia berkata:
 “Kekasihku Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam telah berwasiat kepadaku tiga perkara: 
[1] Puasa tiga hari setiap bulan, 
[2] Dua rakaat shalat Dhuha dan 
[3] Melaksanakan shalat witir sebelum tidur.”

[HR. Bukhari, Muslim, Turmuzi, Abu Dawud, Nasa’i, Ahmad dan Ad-Darami]
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

AGENDA 2013








OBROLAN

SELURUH ARTIKEL

 
Support : Admin1BPHN
Copyright © 2013. About BPHN - About BPHN
Creating Website Published by Sandikta Hawi
Proudly powered by Blogger